Apa yang Sebaiknya Dilakukan Orang Tua Ketika Anak Dipukul Temannya?

apa-yang-sebaiknya-dilakukan-orang-tua-ketika-anak-dipukul-temannya

Selamat siang Mas bro dan Mbak sis…

Semua pasti setuju kalau anak perlu dibiasakan untuk mau berteman dan bersosialisasi dengan siapa saja, iya khan?

Namun bagaimana jika kita sebagai orang tua mendengar kabar kalau anak kita dipukul temannya?

Mayoritas dari orang tua pasti ikutan emosi saat orang tua mendengar aduan dari anak kita kalau anak kita habis dipukul oleh temannya

Betul gak? Yah wajar saja namanya juga anak sendiri. Kita aja sayang-sayang sama mereka eh ada orang yang mukul pastinya kesel banget khan?

Tapi sebenarnya kita tidak boleh emosi. Jika kondisinya demikian, orang tua perlu lebih ekstra dalam bertindak.

Sebagaimana dituliskan oleh Ajeng Anastasia Kinanti di laman health.detik.com, Salah memberikan respons dan tanggapan, anak juga bisa jadi ikut emosional dan menjadi lebih kasar.

Seperti disampaikan oleh psikolog Anna Surti Ariani, MPsi, benar adanya bahwa di setiap lingkungan sosial anak-anak, pasti akan ada anak yang sedikit lebih emosional dibandingkan anak lainnya. Anak ini biasanya memiliki emosi yang sulit dikendalikan dan bisa ‘meledak’ kapan saja.

“Kalau anaknya masih usia 1-3 tahun kan belum menilai mana yang benar dan salah ya, lebih baik diberikan pengertian untuk melaporkan ke guru jika ada sesuatu yang tidak biasa. Misalnya ada yang tidak enak lapor guru, ada yang dipukul lapor guru, jadi instruksinya jelas dan anak tidak bingung,” tutur wanita yang akrab disapa Nina ini.

Sementara untuk anak yang usianya 4-6 tahun, maka ajaran yang bisa dilakukan oleh orang tua sedikit berbeda. Orang tua bisa mengajarkan anak untuk mengenali situasi, tidak serta-merta mengajarkan anak untuk membalas jika dipukul.

“Sebaiknya tidak diajari memukul balik ya, itu namanya mengajarkan anak untuk bullying dan kasar. Ini tidak benar. Ajarkan anak untuk berkata ‘aku tidak suka dipukul, kenapa kamu pukul aku’. Ini kan butuh kemampuan bicara dan kognitif, perlu pelan-pelan diajarkan,” imbuhnya.

Intinya, Nina menyarankan orang tua untuk tidak menyuruh anak-anak memukul balik saat dipukul atau mencelakakan teman. Akan jauh lebih baik jika anak diajarkan untuk menolak perlakuan kasar dari temannya.

Top Posts:

Pos ini dipublikasikan di Edukasi dan tag , , , , , . Tandai permalink.